Breaking News

Monday, November 17, 2014

Hukum II Termodinamika = Hukum Kehidupan [?]

Hai guys, ketemu nih sama mimin baru yang bakal ngasih postingan postingan cinta fisika juga *cieelah. Nah, postingan kali ini mimin kasih judul "Hukum II Termodinamika = Hukum Kehidupan [?]" Yap, ini gara-gara galau pas kuliah termodinamika *curhatdikitlah. Latepost sih, tapi gapapa deh buat sharing. Oke chekidot :D

Ceritanya itu berawal dari hari Jum'at lalu, mimin kan ada kuliah termodinamika nih, nah pas ketepatan lagi kontroversi hati *vikisaidmodeon wkwkwkwk. Kuliahnya lagi bahas materi proses Keterbalikan (Reversible) dan Ketakterbalikan (Irreversible). Tahu kan apa itu Proses Keterbalikan (Reversible) sama Proses Ketakterbalikan (Irreversible) guys?

Tahu min, proses keterbalikan itu proses balikan sama mantan yang amazing banget, trus kalo proses ketakterbalikan itu proses paling ngenes para jomblo gagal move on yang gak bisa balikan sama mantannya, bener kan ya min? 

Yap, langsung deh mimin kasih ZERO buat kalian! kelkelkelkel Plis ya, ada yang lebih gila lagi gak jawabannya? Hihihihi. Tapi boleh juga sih buat dagelan :D

Hmmm, Reversible dan Irreversible. Sini sini mimin jelasin, kalo berdasarkan buku termodinamikanya Pak Zemansky yang mimin baca, Proses Reversible atau Proses Keterbalikan itu adalah proses yang berlangsung sedemikian sehingga dalam proses tersebut pada keadaan akhirnya baik sistem maupun lingkungannya dapat dikembalikan seperti keadaan semula tanpa menimbulkan perubahan apapun pada sisa semesta. Intinya, keadaan akhirnya akan kembali seperti keadaan semula.

Lah terus kalo yang Irreversible min?

 Nah, pastinya kebalikannya pernyataan itu atuh! :P
Ya, Proses Irreversible atau Proses Ketakterbalikan adalah proses yang keadaan akhirnya tidak dapat dikembalikan lagi ke keadaan semula dan terjadi perubahan pada sisa semesta.

Gimana-gimana nih? Jelas? Pokoknya, intinya kalo reversible itu bisa kembali lagi ke keadaan semula, trus kalo irreversible itu kagak guys.

Terus min, apa hubungannya sama Hukum II Termodinamika?

Hubungannya? Aduh, mereka itu hubungannya ibu dan anak. hahaha. Just kidd loh yah :D
Jadi, Proses Reversible sama Irreversible itu masuk cakupan pembahasan dari Hukum II Termodinamika. Hukum II Termodinamika menyatakan Proses Reversible itu merupakan proses yang mustahil terjadi, karena faktanya semua proses alami di dunia ini berlangsung secara Irreversible.

Nah, itulah kenapa mimin ngasih judul Hukum II Termodinamika = Hukum Kehidupan, ada akhiran tanda tanya [?] soalnya kan mimin bahasnya pake model tanya jawab tadi, huehehehehe.
How how? Sesuai banget kan sama kehidupan ini? Yang mana yang terlanjur ya sudah terlanjur. Ibarat nasi yang udah jadi bubur, gak bisa kan dikembaliin jadi nasi lagi? Jelas!

Oiya, ini ada quotes dari mimin :
"Hidup itu kayak Hukum II Termodinamika, semua proses alaminya berlangsung secara IEREVERSIBLE, yang REVERSIBLE itu MIMPI!"

Sedikit jleb sih belakangnya, tapi mimin buatnya dengan tujuan baik kok, buat memotivasi kalian kalian, kan mimin itu orangnya baik hati tingkat akut *eeeaaaa. Peace rek, mimin gak bisa bohong wkwkwkwkwk.

Jadi, buat kalian-kalian yang galau, yang terlalu menyesali yang sudah terlanjur, yang meratapi kenyataan hasil diluar prakira awal nih, Please udahan yaaaa... Yang terlanjur itu yasudah terlanjur, kalo kalian terlalu berharap bakal kembali ke keadaan semula, inget-inget Hukum II Termodinamika. Jangan galau, jangan terlalu meratapi, tapi berusahalah memperbaiki untuk proses selanjutnya dengan perubahan-perubahan yang lebih baik sampai mendekati keadaan setimbang (kuasistatik) dimana keadaan tersebut adalah keadaan terbaik yang mendekati kata sempurna. Inget, sempurna cuma milik Tuhan. :D


Oke, udah sampek segini aja ya postingan mimin yang satu ini. Semoga bermanfaat.
Let's move forward! ;)
See you guys :*
#SA

No comments:

Post a Comment

Designed By CodeArt